Sebanyak 1.285 Rumah Warga Dampak Gempa Taput Direhabilitasi
Rumah Rusak Dampak Gempa Taput (ist)


Bataktive.com, Tapanuli Utara - Gempa bumi yang melanda Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut), dengan magnitudo 6,0 pada Sabtu (1/10) menyebabkan setidaknya 1.285 rumah warga rusak.

"Meski ada 2.626 unit rumah warga rusak yang dilaporkan, namun berdasarkan hasil verifikasi dan validasi data di sekretariat posko, hanya 1.285 rumah rusak yang akan direhabilitasi," kata Ketua Sekretariat Posko Penanganan Darurat Bencana Alam Gempa Bumi Tapanuli Utara, Indra Sahat Hottua Simaremare di Tarutung, Jumat.


Kerusakan rumah warga yang menjadi prioritas penanganan posko tersebar di 17 wilayah desa/kelurahan di Kecamatan Tarutung, sembilan desa di Kecamatan Sipoholon, tujuh desa di Kecamatan Parmonangan, sembilan desa di Kecamatan Pagaran, sembilan desa di Kecamatan Siatasbarita, dan dua desa di Kecamatan Pahae Julu.

“Penanganan kerusakan rumah warga menjadi prioritas pertama agar segera memberikan rasa nyaman, dan aman bagi korban gempa bumi,” sebutnya.


Menurut Indra, setelah penanganan rumah warga rampung, posko kemudian akan menangani sasaran selanjutnya seperti rumah ibadah, fasilitas umum, serta fasilitas milik pemerintah yang rusak.

“Saat ini, kita tengah menyalurkan bahan material yang dibutuhkan. Untuk pengerjaan rehabilitasi akan dilakukan secara swakelola oleh masyarakat,” tukas Indra.

Bagikan :

Bataktive.com

Post A Comment:

0 komentar saat ini,tambahkan komentar